Sabtu, 26 Maret 2016

WAH, TERNYATA MAKAN TANPA MENGGUNAKAN SENDOK MEMILIKI MANFAAT BESAR BAGI KESEHATAN, BACA SELENGKAPNYA...(((JANGAN LUPA SHARE YA)))

Wah, Ternyata Ini Manfaat Makan Tanpa Menggunakan Sendok

KEBIASAAN makan dengan tangan tanpa sendok kerap dianggap kuno serta kampungan. Sendok dan garpu kini lebih banyak digunakan untuk menyuap makanan ke mulut dengan alasan praktis, juga lebih sopan serta modern.

Padahal faktanya, makan dengan tangan akan terasa lebih nikmat serta sedap, bahkan bernilai lebih untuk kesehatan tubuh, lho. Dilansir laman indiatimes, kitab Ayurvedic yang banyak dianut oleh orang India menyebutkan kalau kelima jari tangan manusia merupakan perpanjangan dari 5 elemen di alam.

Dalam ajaran Islam juga makan dianjurkan memakai 3 jari tangan yaitu jempol, telunjuk dan jari tengah, karena lebih sehat serta tidak membuat makanan berlebihan masuk ke dalam perut.
Jika dilihat kepercayaan Ayurveda, jari telunjuk mewakili udara, jari manis mewakili bumi, jari tengah api, dan kelingking mewakili air dan jempol yaitu penyeimbang keempatnya. Maknanya yaitu, saat makan jadi keempat elemen itu harus seimbang masuk ke dalam pencernaan supaya tidak memicu penyakit.

Manfaat makan dengan jari tangan tanpa sendok yaitu seperti berikut, dikutip dari laman Healthsite :

Memperbaiki sistem pencernaan 
Saat jari tangan menyentuh makanan, maka ujung syarafnya akan mendeteksi suhu makanan. Ini menghindarkan Anda makan makanan yang kepanasan. Otak juga akan kirim sinyal ke sistem pencernaan, bahwa akan ada makanan yang masuk hingga ia bersiap menerima dan memprosesnya.

Melindungi mulut
Takaran makanan pada tangan juga lebih sesuai dengan kapasitas mulut, selama Anda menyuapnya dengan tidak berlebihan. Selain itu menyuap dengan tangan akan melindungi mulut dari terluka akibat sendok panas, tajam atau kotor.

Jauhkan risiko diabetes
Menyuap makanan dengan tangan akan membantu mengurangi jumlah takaran makanan yang masuk ke mulut. Itu secara tidak langsung mengurangi asupan makanan ke dalam tubuh, serta menjauhkan dari resiko terkena diabetes type 2.

Yang penting diingat yaitu pasti Anda mesti menjaga kebersihan tangan serta jari-jari dengan mencucinya memakai sabun terlebih dahulu, serta tidak memanjangkan kuku. ***
SUMBER : sidomi.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :