Kamis, 24 Maret 2016

ANDA PERLU COBA LANGKAH-LANGKAH BERIKUT INI,'' PENYEBAB KOLESTROL DAN CARA PENURUNANNYA....SHARE YA GUYS..

Kolesterol tinggi tidaklah penyakit, namun berpotensi menyebabkan beragam penyakit. Salah satunya yaitu penyakit jantung, stroke, diabetes serta hipertensi alias desakan darah tinggi.

Kolesterol yaitu lemak yang di produksi oleh hati dan begitu utama untuk manfaat badan. Kolesterol dengan cara alami ada dalam dinding sel atau selaput di mana-mana didalam badan, termasuk otak, saraf, otot, kulit, hati, usus, dan jantung. Dalam keadaan normal juga kolesterol berperan sebagai pembangun serta pemelihara sel membran, menyaring molekul yang masuk dan tak kedalam sel, ikut serta dalam produksi h0rm0n s3ks, membantu produksi empedu.


Kolesterol Darah
Gambar : coolhealthtips. com
Tetapi bila seorang memiliki sangat banyak kolesterol dalam aliran darah, keunggulannya bisa disimpan dalam arteri, termasuk arteri koroner jantung, pembuluh arteri ke otak, dan arteri yang memasok darah ke kaki.

Penyumbatan arteri di kaki menyebabkan klaudikasio (nyeri waktu jalan kaki) lantaran penyakit arteri perifer. Penyumbatan arteri carotid bisa menyebabkan stroke, serta penyumbatan arteri koroner mengakibatkan angina (nyeri dada) serta serangan jantung.

Kandungan kolesterol pada badan bisa diukur dengan tes darah. Jika hasil tes darah memberikan hasil tersebut :

Keseluruhan Kolesterol
200 mg/dl----- - ideal
200-239 mg/dl--- ambang batas kemungkinan tinggi
240 -------------- resiko tinggi

Tanda-tanda Cholesterol Tinggi
Apa sajakah tanda-tandanya? Dokter spesialis jantung serta pembuluh darah Rumah Sakit Sahid Sahirman dr. Aulia Sani memaparkan gejala-gejala yang butuh diwaspadai.

1. Kerap pusing belakang kepala
Pusing di belakang kepala diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di sekitaran kepala. Penyumbatan ini berlangsung lantaran cholesterol yang mulai membuat plak di pembuluh darah. Bila dibiarkan jadi pembuluh darah bakal pecah serta menyebabkan stroke.

2. Tengkuk serta pundak pegal
Pegal di tengkuk dan pundak adalah implikasi dari aliran darah yg tidak lancar pada pembuluh darah di daerah itu. Aliran darah yg tidak lancar juga disebabkan ada penyumbatan pembuluh dari kolesterol.

3. Sering pegal di tangan serta kaki
Pembuluh darah di tangan serta kaki dapat juga terhalang akibat penimbunan cholesterol. Pegal di tangan serta kaki akibat penimbunan cholesterol umumnya berlangsung terus menerus walau tak beraktivitas yang sangat berat.

4. Kerap kesemutan di tangan dan kaki
Nyaris sama juga dengan pegal, kesemutan adalah implikasi dari aliran darah yg tidak lancar dibagian badan spesifik. Kesemutan terkait dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.

5. Dada samping kiri seperti tertusuk
Dada samping kiri terkait dengan organ pemompa darah yakni jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitaran jantung bisa mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan juga rasa nyeri dapat menyebar sampai ke daerah di sekitaran leher. Nyeri dada juga bisa jadi tanda-tanda dari serangan jantung.
Penyebabnya dan Faktor Resiko

Penambahan kandungan kolesterol berlangsung karena beragam sebab, dari mulai kisah keluarga, gaya hidup hingga asupan makanan yang salah.

1. Pola makan
Konsumsi sangat banyak lemak jemu dapat tingkatkan kadar cholesterol. Lemak type ini banyak diketemukan pada daging jeroan, daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kue-kue, dan beragam jenis makanan yang digoreng.

2. Berat tubuh
Tumpukan lemak di sekitar perut serta pinggang tidak cuma bikin Anda ribet mencari celana yang cocok, namun juga meningkatkan kandungan trigliserida serta turunkan HDL atau cholesterol baik.

3. Tingkat aktivitas
Kurang beraktivitas akan tingkatkan kadar LDL atau cholesterol jahat serta bikin HDL sangat sedikit.

4. Umur dan jenis kelamin
Diatas umur 20 tahun, kandungan kolesterol dengan cara alami condong bertambah terkecuali Anda lakukan suatu hal untuk menghentikan kecenderungan itu.

5. Kesehatan keseluruhan
Jangan terlewat kontrol kesehatan teratur serta mintalah dokter menerangkan resiko Anda pada beragam penyakit. Mempunyai sebagian type penyakit, seperti diabetes atau hipotiroid dapat meningkatkan kadar cholesterol.

6. Kisah keluarga
Ada orang-orang spesifik yang tetaplah mempunyai kadar cholesterol tinggi walau telah menjalankan pola hidup sehat serta seimbang. Aspek keturunan nyatanya juga bertindak dalam terjadinya keunggulan kolesterol jahat.

7. Merokok
Anda tentu tahu bahaya dari merokok. Selain merusak paru, rutinitas merokok akan menurunkan level cholesterol baik.

Makanan Penyebabnya Kolesterol Tinggi

Mungkin saja Anda telah hindari beberapa makanan berlemak yang di ketahui sebagai sumber kolesterol. Tetapi, ada pula makanan yang tidak terduga memiliki kandungan cholesterol tinggi sebagaimana berikut :

1. Daging unggas
Daging unggas memanglah dikira lebih minim resiko di banding daging merah karena mempunyai kandungan lemak yang condong lebih rendah. Tetapi, bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau terus-terusan, daging unggas akan memberi dampak negatif, salah nya ialah peningkatan kandungan
cholesterol dalam darah.

2. Gula tambahan
Satu kenyataan yang cukup mengagetkan yaitu gula tambahan ternyata terkait dengan penurunan kandungan kolesterol " baik " atau high density lipoprotein (HDL) dalam darah. Jadi, pengurangan gula penambahan dalam diet, selain kurangi resiko diabetes juga memperbaiki kandungan cholesterol.

3. Kentang tumbuk
Kentang tumbuk atau mashed potato nyatanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Terlebih yang ditemukan di restoran lantaran mengandung mentega, krim, susu, keju yang terlalu berlebih. Hal tesebut bikin salah satu sumber karbohidrat ini jadi makanan tinggi lemak jemu.

4. Pizza
Satu potong pizza mengandung 10 gr lemak serta 4, 4 gr lemak jemu. Angka itu belum termasuk juga topping yang mungkin saja mengandung lebih banyak lemak.

5. Kelapa
Product kelapa seperti santan maupun minyak kelapa memiliki kandungan lemak jemu yang cukup tinggi. Tetapi, pemakaiannya dalam taraf tengah tidaklah terlalu berakibat jelek pada kadar kolesterol darah.

6. Produk susu
Produk susu memang mengandung banyak nutrisi yang utama seperti kalsium, protein, vitamin, serta mineral, namun juga mengandung lemak jemu. Jadi baiknya pastikan produk yang rendah lemak.

7. Pai dan kue
Pai dan kue berbahan baku mentega, krim, susu, serta keju yang mengandung lemak jemu. Jadi satu gigitan pai dan kue telah memberi sumbangan kalori yang tinggi untuk badan.

8. Popcorn
Satu wadah popcorn ukuran tengah mengandung 60 gr lemak jemu serta 1. 200 kalori. Hal semacam ini karena pemrosesan popcorn membutuhkan minyak yang punya pengaruh pada kandungan cholesterol.

Langkah Menurunkan Kandungan kolesterol

Bersama dengan jaringan fibrous membentuk plak endapan yang mengakibatkan penebalan, penyempitan dinding pembuluh darah serta tingkatkan resiko peluang serangan jantung. Walaupun demikian, tak berarti kalau kolesterol yaitu segalanya untuk penyakit jantung. Dalam jumlah spesifik badan memerlukannya untuk menjagah tubuh tetaplah sehat. Cuma bila jumlahnya yang terlalu berlebih, keadaan yang di kenal dengan hiperkolesterolemia, bakal timbul permasalahan. Penurunan cholesterol 1 % saja bisa kurangi kemungkinan serangan jantung 2 hingga 3 persen

Sebagian panduan di bawah ini diinginkan bisa memperbaiki kandungan cholesterol Anda :

1. Batasi lemak jenuh

Lemak jemu, umumnya merujuk pada lemak yang datang dari hewan, terlebih diperoleh pada kulit unggas, product susu, daging merah dari sapi, domba, dan babi. Baiknya konsumsi ini dibatasi, lantaran bisa meningkatkan produksi cholesterol serta tingkatkan keseluruhan cholesterol serta cholesterol jahat (LDL). Dengan pilih diet yang memiliki kandungan rendah cholesterol jemu ini, Anda sebenarnya telah mengambil satu diantara langkah yang bijak untuk melakukan perbaikan kandungan kolesterol Anda. Pada diet mediteranian, mengkonsumsi daging merah ini cuma direkomendasi satu kali dalam sebulan. Nyatanya diet ini bisa turunkan angka kematian akibat penyakit kardiovaskuler yang berarti.

2. Jauhi lemak trans (trans fat)

Tran sfat, peluang memiliki akibat yang lebih beresiko dari pada lemak jemu lantaran bisa tingkatkan kadar kolesterol jelek (LDL) serta turunkan kolesterol baik (HDL). Studi juga tunjukkan kalau trans fat dapat juga tingkatkan risko keganasan. Karenanya kurangilah makanan yang banyak mengandung trans fat sperti makanan yang diolah lewat penggorengan.

3. Pertahankan berat tubuh normal

Pada umumnya orang, kandungan cholesterol juga jadi baik bersamaan dengan menurunnya berat tubuh. Ini tidak hanya dikarenakan kehilangan berat tubuh, namun juga akibat diet yang lebih sehat, serta berolahraga yang dikerjakan. Dengan kata lain, pergantian pola hidup yang dibutuhkan untuk menjaga berat tubuh normal atau turunkan berat tubuh juga menolong melakukan perbaikan kandungan cholesterol. Kurangi berat tubuh 5-10 % bisa turunkan kandungan cholesterol yang bermakna

4. Olahraga

Olahraga yang cukup serta berkepanjangan, paling tidak 30-40 menit sehari-hari, lima kali dalam satu minggu, seperti jalan, jogging, bersepeda, berenang yaitu pilihan yang begitu baik untuk peroleh kandungan kolesterol yang normal. Apakah Anda gemuk atau tak, berolahraga bisa menurunkan kandungan cholesterol Anda. Berolahraga moderat yang Anda kerjakan dengan teratur bisa tingkatkan cholesterol baik (HDL) serta menurunkan kolesetrol jelek (LDL)

5. Berhenti Merokok

Di samping sebagai aspek resiko utama untuk penyakit jantung, rokok dapat juga menyebabkan penurunan kandungan kolesterol HDL. Bila Anda perokok, berhenti merokok saja bisa menaikan cholesterol baik (HDL) sampai 10 %. Bukan sekedar itu, 20 menit sesudah Anda berhenti merokok, desakan darah Anda bakal turun. Kurun waktu 24 jam, kemungkinan Anda alami serangan jantung bakal mengalami penurunan, serta sesudah 1 th. resikonya cuma tinggal setengahnya dibanding perokok. Serta, dalam 15 th. sama juga dengan mereka yg tidak pernah merokok.

6. Kunjungi dokter Anda secara teratur

Apabila pola hidup yang Anda kerjakan nyatanya belum membantu turunkan kandungan cholesterol Anda, atau Anda memiliki kisah keluarga dengan cholesterol tinggi atau sakit jantung, Anda mungkin saja butuh bantuan dokter. Dokter Anda bakal menolong, pilihan obat yang pas untuk Anda.

http://www.mediakesehatan.tk/2016/03/anda-perlu-coba-langkah-langkah-berikut.html
http://www.pakar-herbal.com/2016/03/anda-perlu-coba-langkah-langkah-berikut.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : ANDA PERLU COBA LANGKAH-LANGKAH BERIKUT INI,'' PENYEBAB KOLESTROL DAN CARA PENURUNANNYA....SHARE YA GUYS..