Kamis, 31 Desember 2015

MULAI SAAT INI COBA HINDARI 4 Kebiasaan Ini Bahayakan Organ THT,Baca Sebelum Terlambat,TOLONG DI SHARE YA !!

Telinga, Hidung, Tenggorokan atau seringkali disingkat dengan sebutan THT adalah organ yang penting pada tubuh. Bila salah satunya mengalami masalah, jadi organ lain bakal turut terganggu serta menghambat aktivitas sehari-hari. Tetapi masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya melindungi kesehatan ketiga organ ini.

Malah kadang-kadang, orang-orang melakukan rutinitas yang dapat membahayakan organ THT. Sebagian rutinitas tersebut semestinya kurangi atau bahkan juga hilangkan untuk melindungi kesehatan THT. Jika terus dilakukan, jadi akan memberi dampak buruk yang membahayakan badan. Lalu, kebiasaan buruk yang bagaimana yang membahayakan organ THT? Berikut rangkumannya.

1. Mengupil
Rutinitas pertama yang perlu anda kurangi atau bahkan juga di hilangkan yaitu mengupil. Memang pada dasarnya dengan mengupil akan membuat hidung kita jadi bersih. Tetapi sebenarnya, upil yang ada di hidung itu adalah buangan dari manfaat penyaringan udara oleh mukosa hidung, atau lendir berlebihan yang kemudian jadi kering.

Tetapi, sebenarnya tubuh memiliki kemampuan untuk mengeluarkan kotoran, seperti keringat, daki, BAB serta kotoran yang datang dari hidung maupun telinga. Akan tetapi, mengupil bisa dilakukan sesekali yaitu saat ada kotoran yang tersaring di bulu hidung. Namun ada yang perlu diingat, anda mesti waspada saat mengupil.

Upayakan untuk bersihkan tangan terlebih dulu, karena bila tangan serta kuku kita kotor jadi bakal membuat trauma pada hidung. Selain dapat mengakibatkan mimisan, serta bisul pada hidung langkah mengupil yang salah akan mengakibatkan infeksi berat yang berbuntut kematian. Tidak hanya itu saja, rutinitas mengupil ini dapat dapat mengakibatkan kita terserang tumor jinak pada hidung yang membuat kita mesti melakukan operasi.

2. Memasukkan Benda Asing
Rutinitas selanjutnya yang perlu diwaspadai yaitu memasukkan benda asing ke organ THT. Hal ini biasanya kerap berlangsung di kalangan anak-anak, itulah yang bikin kita harus memperhatikan apa saja yang dipegang oleh anak supaya tak dimasukkan ke hidung maupun telinga. Benda asing yang sering ditemukan pada anak-anak diantaranya kacang, busa sofa, peluru pistol-pistolan.


Memang biasanya kemasukan benda asing ke hidung maupun telingan adalah suatu kecelakaan. Tetapi ada pula anak yang mengerjakannya secara sengaja, untuk itulah sangat dibutuhkan pengawasan dari orang-tua. Memasukkan benda asing ke organ THT tentu saja bakal sangat beresiko, karena untuk mengeluarkannya butuh dilakukan pencongkelan atau bahkan juga operasi yang bisa mengganggu fungsi organ tersebut .

3. Merokok di Dekat Anak
Banyak orang yang mungkin sudah tahu bahwa rokok itu memiliki banyak bahaya terlebih pada asapnya. Namun, masih tetap saja banyak yang merokok di tempat umum seperti di bus, halte, pasar serta lain sebagainya. Asap rokok yang dihirup itu bisa menyebabkan beragam penyakit pada telinga, hidung dan tenggorokan. Hirup asap rokok bakal bikin partikel dalam asap rokok serta zat-zat yang ada di dalamnya bakal bikin masalah pada rambut halus di mukosa hidung dan masalah produksi lendir.

Itulah yang pada akhirnya bakal menyebabkan pilek, nyeri teling, radang tenggorok, demam serta lain sebagainya. Bahkan juga bila rutinitas ini selalu berlanjut makan bakal menyebabkan persoalan permanen pada hidung kita.

4. Meneteskan Cairan Minyak atau Ramuan Tradisional
Banyak orang yang beranggapan jika kotoran dalam telinga atau hidung sulit keluar jadi mesti ditetesi minyak cairan atau sejenisnya. Tetapi, tahukah anda sesungguhnya rutinitas sejenis ini bakal menyebabkan rusaknya fungsi silia dan mukosa pada hidung. Ditambah lagi bila soluen maupun kandungan zat aktif yg tidak sesuai alangkah lebih baik tak dipakai. Jangan senangi meneteskan cairan asal-asalan, manfaatkanlah product yang memanglah diijinkan untuk organ THT supaya fungsinya tak terganggu dikemudian hari.

Itulah empat rutinitas yang ternyata bisa membahayakan kesehatan organ THT kita. Jika ada kerap lakukan satu diantara aktivitas diatas, berusahalah untuk menguranginya supaya kesehatan organ THT anda terus terjaga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MULAI SAAT INI COBA HINDARI 4 Kebiasaan Ini Bahayakan Organ THT,Baca Sebelum Terlambat,TOLONG DI SHARE YA !!